Sabtu, 18 September 2010

sekilas pandang


SEKILAS PANDANG TENTANG DESA SIDOLE

Desa Sidole adalah desa yang penduduknya bermayoritas beragama Islam dan bermata poencarian sebagai peladang atau berkebun,sedangkan suku adalah suku kaili sub rai. Yang masih mempertahankan kearifan lokal dalam menjalani segi kehidupan baik dalam percocok tanam maupun segi sosial lainnya. Sebagian besar penduduk menggantungkan hidupnya dengan menanam kakao/coklat,kelapa,sedangkan sebagian kecil mereka berdagang.
Sebagai masyarakat yang masih dapat di golongkan sebagai masyarakat pedesaan maka ,masyarakat sidole masih memegang kekerabatan yang kuat baik sebagai saudara atau terhadap pendatang maka tidak heran keramah-tamahan nampak terlihat dengan sangat jelas dan sangat terbuka terhadap siapa saja yang berkunjung ke desa sidole.
Sedangkan adat yang masih nampak terpelihara sampai sekarang adalah adat perkawinan serta adat dalam segi sosial lainya misalnya ada pekelahian,merendahkan martabat perempuan akan mendapat sangasi yang kuat berupa denda.
Sedangkan sidole sendiri diambil dari nama gunung yang ada di desa tersebut yaitu gunung sidole dengan ketinggian 2.100 Mdpl.yang sering didatangi oleh para pendaki baik pendaki lokal atau luar dan desa sidole sendiri adalah salah satu pintu masuk jalur pendakian.dengan rute pendakian selama 2 hari menuju puncak dengan fegetasi yang masih terjaga mengindikasikan bahwa masih terjaganya ekosistem yang ada di dalamnya.
Sedangakan flora dan fauna yang masih bisa di jumpai adalah pohon damar,rotan,nantu,dan yang menjadi maskot adalah Neopentes (kantong semar) sedangkan faunanya adalah rusa.babi hutan,burung allo(rangkong),elang,ular sawa,ular hitam,ayam hutan dll.

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Urban Designs